Cara Backup Dan Restore Data Termux

Last updated on 10 Februari 2020 by Editor Team

OKe guys, Kembali lagi di web termux.id. Pada kali ini kami akan membagikan tutorial cara Backup Dan Restore Data Termux. Jadi pada postingan ini kami akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk melakukan backup data dan restore data yang ada pada aplikasi termux.

Mengapa harus melakukan Backup Dan Restore Data Termux? Ini wajib dilakukan karena apabila kalian uninstall termux dan install kembali data seperti script yang pernah diinstall dan pkg-pkg nya juga tidak akan hilang.

Uninstall termux akan kalian lakukan apabila terjadi corrupt data. Misalnya saja pada saat install Metasploit kalian memberhentikan prosesnya secara paksa, maka otomatis termux akan error. Untuk itu kalian harus membackup dulu data termux sebelum install tool/script yang berukuran besar. Berikut cara Backup Dan Restore Data Termux

Cara Backup Data Termux

Cara Backup Dan Restore Data Termux

Backup dilakukan untuk berjaga-jaga saja apabila terjadi erorr atau apk termux terhapus. Jadi jika punya file backup nya kita tidak perlu install semua tool dari awal, karena akan memakan banyak waktu dan buang-buang kuota saja.

Biasanya sih file yang tersimpan paling file txt hasil download script. Download file di termux tersebut biasanya dari perintah axel, wget dan git clone.

Setelah file dibackup kalian juga bisa memperkecil ukuran file tersebut dengan cara mengubah file menjadi zip.

Nah untuk cara backup data termux, Kalian ikuti saja langkah-langkah berikut ini ya guys!! …

Aktifkan Izin Penyimpanan termux

Sebelum ke tutorial, pelajari dulu cara menggunakan termux dengan seksama. Karena pada postingan ini nantinya akan banyak sekali menggunakan perintah dasar termux.

Karena kita akan melakukan backup terlebih dahulu, Maka kita harus memberikan izin ke termux agar bisa mengakses file penyimpanan android kita. Ketikan saja command berikut :

termux-setup-storage

Apabila ada pop-up muncul pilih izinkan saja.

Setelah kembali lagi ke aplikasi termux. kalian buatlah folder baru untuk tempat simpan file backup nya. Gunakan saja perintah berikut:

mkdir -p /sdcard/termux-backup

Masukan command atau Perintah Backup

Setelah folder untuk file backup dibuat. Selanjutnya kita masukan perintah untuk melakukan backup data termux. Gunakan command berikut:

apt update && apt -o APT::Keep-Downloaded-Packages=”true” upgrade -y

Setelah proses backup selesai, kita pidah filenya agar masuk ke folder yang tadi kita buat. Gunakan command berikut untuk melakukannya.

mv $PREFIX/var/cache/apt/archives/*.deb /sdcard/termux-backup 2>/dev/null

Selesai!!!!

Jadi apabila kami simpulkan. Cara untuk melakukan backup data termux adalah sebagai berikut :
# masukan perintah atau command secara berurutan

  1. termux-setup-storage
  2. mkdir -p /sdcard/termux-backup
  3. apt update && apt -o APT::Keep-Downloaded-Packages=”true” upgrade -y
  4. mv $PREFIX/var/cache/apt/archives/*.deb /sdcard/termux-backup 2>/dev/null
  5. Selesai!!

Cara Restore Data Termux

Setelah berhasil melakukan backup data termux. Selanjutnya kita akan belajar cara me-Restore data dari backupan tadi. OKe langsung saja kita ke tutorialnya.

Buka folder backup

Kalian masuk dulu ke aplikasi termux. Selanjutnya cari folder yang berisi file backup data termux. Karena diawal tadi kita membuat folder dengan nama termux-backup dan berada di sdcard. jadi kita gunakan command berikut untuk masuk ke dalam foldernya.

cd /sdcard/termux-backup

Install file backup

Setelah masuk ke folder backup. Ketik saja ls (eLeS) untuk menampilkan file yang ada didalam folder tersebut. Cari file yang berakhiran .deb . Kemudian install file tersebut. Untuk cara instalnya gunakan saja command berikut:

apt install ./nama-fileBACKUP.deb

Oke sampai disini kita sudah bisa melakukan backup dan restore data termux. Apabila dari cara diatas terjadi error, Maka kalian bisa coba cara alternatif dibawah ini.

Alternatif Backup Dan Restore Data Termux Apabila terjadi error

Untuk cara alternatif ini, kami akan tuliskan secara sederhana saja. Hanya akan ada command-command yang harus kalian masukan. Jadi agar tidak terjadi kesalahan, kalian masukan saja comand berikut secara berurutan.

Cara Alternatif Backup data Termux

  • cd /data/data/com.termux/files
  • tar -cvzf /sdcard/termux-backup.tgz –owner=0 –group=0 home usr

Cara Alternatif Restore data Termux

  • cd /data/data/com.termux/files
  • tar -xvzf /sdcard/termux-backup.tgz

Kesimpulan

Demikian lah cara untuk melakukan Backup Dan Restore Data Termux. Kalian juga bisa mengirimkan file hasil backup kalian ke teman kalian agar bisa di restore. Jadi teman kalian tidak perlu malakukan install pkg dan sebagainya.

Kalian juga bisa menyimpan file hasil backup di penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox. jadi apabila suatu saat ingin digunakan kembali kalian tinggal download saja dan Restore.

OKe guys!! Sekarang kita sudah belajar bagaimana Cara Backup Dan Restore Data Termux. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lewat kan update terbaru lainya dari web termux.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

jeda dulu membacanya!
Jangan lupa klik bel notifikasinya ya!
[Click2x] [close]