Install Fakeroot (Proot) di Termux untuk root termux

Last updated on 7 Februari 2020 by Editor Team

Oke guys, kembali lagi di web termux.id. Masih membahas seputar rooting pada aplikasi termux. Jika sebelumnya kita harus menginstal kali linux, pada postingan kali ini kita akan mencoba install fakeroot untuk mendapat akses root pada termux.

Apa itu fakeroot? Fakeroot atau Proot adalah tindakan memanipulasi program untuk memberikan akses root pada termux. Maksudnya meskipun handphone kita tidak di-root, kita masih bisa menjalankan script termux yang membutuhkan akses root.

Fakeroot sangat berguna bagi kita yang tidak ingin meroot Android kita namun ingin menjalankan sebuah script termux yang membutuhkan akses root. Dan untuk cara instal fake root silakan simak ulasan berikut ini.

Cara install fakeroot di termux

Cara install fakeroot di termux

Ada beberapa perintah/command termux untuk menginstal Proot di termux. Kurang lebih sams seperti tool lainya, yaitu menggunakan pkg install, dll. Namun bedanya tool ini tidak membutuhkan git clone.

Silahkan langsung saja masukan perintah berikut pada aplikasi termux kalian agar bisa menikmati fitur dari fakeroot.

apt update && apt upgrade pkg install fakeroot

Menjalankan fakeroot

Setelah fakeroot diinstal, maka kita sudah bisa untuk menjalankan script termux yang membutuhkan akses root. Namun sebelumnya jalankan dulu fakeroot pada termux.

ketikan saja fakeroot kemudian tekan enter.

Jika tanda $ di termux berubah menjadi tanda #, itu tandanya fakeroot sudah berjalan.

cara tes fakeroot apakah sudah berhasil diinstal

Untuk lebih membuktikan apakah fakeroot benar-benar berjalan atau tidak, kalian bisa ketikan perintah whoami. Jika kelaur tulisan root maka sudah berjalan dengan baik.

Solusi error saat install fakeroot di termux

Jika kalian mengalami error saat install fakeroot di termux. Maka simaklah ulasan berikut ini. Berikut beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengatasi error.

Instal alternatif Fakeroot (Proot)

Jika kalian tidak bisa menjalankan fakeroot. Maka kalian bisa menggunakan alternatif lain, yaitu menggunakan Proot

Untuk cara instal Proot gunakan saja command / perintah berikut ini:

pkg install proot

Dan untuk menjalankan Proot gunakan saja command berikut ini:

proot -0 $(which bash)

Keterangan:
-0 : mengubah membuat identitas palsu berupa root
$(which bash) : script bash untuk menemukan letak bash shell, karena secara default PRoot menggunakan shell sh bukan bash.

Kesimpulan

Jika sudah berhasil melakukan root termux, maka selanjutnya kita bisa menjalankan script yang membutuhkan akses root. Dan juga bisa berkreasi lebih banyak lagi tanpa batasan.

Mendapatkan akses root pada termux sebenarnya hanyalah memanipulasi agar script yang memerlukan akses root bisa berjalan. Meskipun android kita tidak diroot, itu tidak akan berpengaruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

jeda dulu membacanya!
Jangan lupa klik bel notifikasinya ya!
[Click2x] [close]