Cara mengamankan script termux agar tidak direcode

Oke guys, welcome back di web termux.id. Pada kesempatan kali ini akan membagikan tutorial cara mengamankan script termux. Dalam istilah lain mengamankan script termux juga sering disebut encrypt atau encode. Yang tujuanya sudah pasti adalah untuk melindungi script agar tidak bisa di recode.

Membuat script termux baru dengan cara men-copy milik orang lain dan mengganti nama author dan identitas lainya dinamakan recode. Sebenarnya tidak masalah, karena sipembuat script tersebut tidak melindungi script nya dengan encrypt/encode. jadi jangan salahkan juga para recoder.

Kebanyakan orang yang melakukan recode script biasanya masih dalam tahap belajar, Dan bagi kalian yang baru belajar membuat script dan tidak ingin script tersebut di recode / ubah oleh orang lain. Silahkan lakukan hal berikut ini.

Pilih Cara Mengamankan Script termux

Setiap script memiliki bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Begitu juga dengan cara mengcompile nya. Contoh saja script python, maka pengaman yang bisa ditambahkan ke script ini adalah marshal dan pyc. Jadi hal yang harus dilakukan pertama kali untuk mengamankan script termux adalah mengetahui bahasa pemrogrman yang digunakan.

Cara mengetahui bahasa yang digunakan sebuah script bisa melalui nama dari script tersebut. Lihat lah bagian akhir dari nama script jika berakhiran .py maka menggunakan bahasa pyhton. Silahkan lihat dibawah ini.

.py = python
.sh = bash
.php = php

Kebanyakan script yang digunakan adalah script yang menggunakan bahasa python. Oleh karena itu kami akan memberikan tutorial encode script python. Untuk encode script lain akan kami tuliskan dilain kesempatan.

mengamankan Script Termux menggunakan Marshal

ini khusus untuk script yang menggunakan python, baik itu python atau python2. Cara melakukan encode script harus melalui termux. silahkan download aplikasi termux diplaystore terlebih dahulu. Kemudian pelajari cara mengoperasikan termux agar bisa mengikuti tutorial ini dengan baik.

Contoh script termux yang sudah dienkripsi menggunakan marshal adalah ana tanda exec(marshal.load( seperti gambar dibawah ini.

encode script marshal

Sedangkan untuk cara encode script menggunakan marshal kita bisa memanfaatkan tool yang bernama comarsh. Selanjutnya pilih opsi compile python yang ada didalam tool tersebut. Secara otomatis script akan langsung terenkripsi seperti gambar diatas.

Silahkan download tool comarsh dan pelajari juga cara encrypt dan Decrypt Script Termux menggunakan Marshal.

mengamankan script termux menggunakan pyc

Ini juga khusus untuk script termux yang menggunakan bahasa python. Cara kerja dari pyc adalah mengubah isi script menjadi simbol-simbol kemudian menyimpanya dalam bentuk .pyc. Misal script sebelum dienkripsi bernama contoh.py setelah dienkripsi maka akan menjadi contoh.pyc

Script ini juga bisa menghilangkan opsi preview yang ada digithub. Jadi jika ada orang yang masuk ke repository github untuk melihat isi script kita tidak akan bisa. Berbeda dengan marshal yang akan menampilkan exec(marshal.load(.

Silahkan pelajari cara encode script termux menggunakan pyc untuk mengenkripsi script kalian. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik agar tutorialnya bisa berhasil

Publikasi script dengan cara upload

Cara mengamankan script termux melalui upload file langsung.

Setelah berhasil mengenkripsi script termux, langkah selanjutnya agar script kita aman adalah mengupload script hasil encode ke github/gitlab. Gunakan pilihan upload yang ada di menu new repositori.

Meskipun script sudah diamankan dengan tool tertentu, tapi itu tidak menjamin 100% akan aman. Karena Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk recode script termux.

Yang perlu kalian ketahui, setiap ada cara mengamankan pasti ada juga cara untuk membuka keamanan. Jadi tutorial ini sebenarnya hanya untuk mempersulit saja seorang recoder. Bukan untuk mengamankan script 100%.

Oke guys sekarang kita sudah belajar cara mengamankan script termux dan teknik agar aman sampai kegithub. semoga bisa bermanfaat dan terimakasih sudah membaca!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas