Cara Recode Script Termux dengan mudah

by: Editor Team
Last updated on 7 Februari 2020

Hi guys, Kembali lagi di web termux.id. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial yang mungkin sedang kalian tunggu, yaitu cara recode script termux. Tindakan ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai awal dari belajar coding dan bisa juga digunakan kembali untuk membuat script termux sendiri.

Bagi seorang yang sudah pro masalah recode sangat lah mudah dilakukan. Meskipun script tersebut sudah di encrypt/encode sekalipun. Encrypt adalah cara yang bisa dilakukan untuk melindungi script termux yang kita buat dari para recoder.

Dan pada postingan ini kita akan belajar cara merecode script termux yang ada digithub dan yang sudah diencrypt / encode kita akan mencoba men decrypt /decode agar bisa kita ubah / edit kembali. Kita bisa memulainya dari …

Mengetahui Repository script

repository script adalah tempat dimana script itu disimpan. Kebanyakan script termux disimpan di github dan ada juga di gitlab. Dalam sebuah script biasanya sudah ada cara instalnya seperti pkg install python, pkg instal .. dll. Nah kalian lihat lah pada bagian git clone.

Command git clone selalu diikuti alamat script tersebut (repository). Contohnya git clone https://github.com/storiku/darkfb . Artinya script tersebut repositorynya ada di alamat https://github.com/storiku/darkfb .

Buka alamat (repository) tersebut menggunakan browser (google chrome). Kami contohkan menggunakan alamat diatas saja. Setelah kita masuk repositorynya, maka tampilanya akan seperti gambar dibawah ini.

recode script termux dari repository github
repository github

Gambar diatas adalah tampilan dari sebuah repository github, jika kalian sudah punya akun disana pasti tidak akan asing lagi dengan menu-menu diatas. Jika belum punya akun dan ingin mencoba, silahkan saja buat akun github terlebih dahulu.

Cari script utama untuk di recode

Didalam repository sebuah script akan ada banyak file seperti readme, lisence dll. Cari lah file yang utama / yang dijalankan dari script tersebut. Caranya lihat pada petunjuk cara menggunakan script yang akan direcode. Contoh: script dark fb akan berjalan apabila kita mengetikan python2 Dark.py . Jadi cari lah file yang bernama Dark.py

Sedikit tips!! jika file tersebut sudah di compile (encrypt), kalian bisa mendecryptnya (decompile) dulu menggunakan Tool decompiler. Caranya tergantung dari bahasa yang digunakan script tersebut. Jika menggunakan python seringkali di compile menggunakan marshal.

Pelajari saja cara encrypt dan decrypt script termux, untuk bisa membuka script yang sudah dicompile. Dalam hal ini kami hanya memberikan tutorial khusus untuk script yang menggunakan marshal sebagai pelindungnya.

Jika kalian tidak ingin repot harus melakukan decompil, maka cari saja opsi commit. Biasanya orang yang membuat script akan menghapus script lama (belum dicompile) dan menggantinya dengan yang baru (sudah dicompile). Script lama tersebut tidak akan terhapus dari github dan bisa ditelusuri dari opsi commit.

Download / Edit Script termux yang akan di recode

Kalian bisa memanfaatkan opsi download yang ada disemua repository sebuah script. Namun semua file akan terdownload tidak bisa memilih salah satu saja. Cara lainya adalah menggunakan cara copy paste. namun harus masuk ke RAW script tersebut.

Setelah kalian menemukan file utama dari script, maka klik saja opsi raw. Maka seluruh isi dari script tersebut akan ditampilkan. kalian tinggal pilih semua lalu copy dan pastekan di text editor.

Cara yang lebih simple lagi, bisa menggunakan fitur wget yang ada pada termux. (instal wget ” pkg install wget ” ). Masukan command wget + alamat raw, hasilnya akan langsung tersimpan sebagai file dengan nama default (tergantung dari nama file). Dan untuk edit bisa langsung menggunakan nano.

Ganti yang ingin diganti

Contoh ingin memasukan nama kalian didalam script tersebut. Maka cari saja tulisan author. Ingat.. Perhatikan nama autor awal, misal AyipBontos, maka hapus saja huruf yang membentuk kata tersebut, jangan sampai menghapus yang lain karena bisa menyebabkan eror.

Saat melakukan edit sebaiknya melihat tampilan dari script aslinya dulu untuk mempermudah menentukan bagian mana yang akan di ganti. Contoh ingin mengganti alamat github. (alamat github asli github.com/storiku/xx) Maka cari saja kata storiku didalam script dan ganti sesuai yang diinginkan.

Untuk mempermudah pencarian sebuah kata pada script kalian bisa memanfaatkan tombol crtl+f (untuk komputer). Jika proses edit dilakukan di hp sebaiknya gunakan github saja langsung untuk editing. Masuk ke opsi create new file dan pastekan saja hasil copy script disitu. Dan manfaatkan opsi find in page pada google chrome untuk mencari kata.

Kesimpulan

Ingat!! Selalu minta izin dulu kepada pembuat script sebelum melakukan recode. Jadikan lah recode sebagai proses belajar coding. Tidak semua script termux bisa direcode, karena biasanya mereka yang sudah pro akan membuat file fungsi yang jika diedit akan mengakibatkan eror.

Hampir lupa, Setelah melakukan recode jangan lupa untuk mencoba jalankan script tersebut. Dan jika berhasil dan lancar, maka tambahkan script ke github dengan cara upload. Gunakan opsi upload files untuk melakukan upload.

Oke sekarang kita sudah belajar bagaimana cara melakukan recode script termux. semoga bisa bermanfaat dan terimakasih sudah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *